Keuntungan dan Kerugian Melakukan Gadai HP

Keuntungan dan Kerugian Melakukan Gadai HP

Cedetes –┬áCara mudah mendapatkan dana tambahan adalah dengan menggadaikan ponsel. Di Indonesia sendiri, penggunaan telepon seluler semakin meningkat. Bahkan, seseorang bisa memiliki lebih dari satu smartphone. Memang kebutuhan akan smartphone semakin meningkat dan harganya juga sangat variatif dan mudah dijangkau.

Namun, selain untuk berbagai keperluan komunikasi, smartphone juga bisa digunakan untuk mencari uang. Artinya, menggunakan metode gadai atau gadai di beberapa perusahaan yang dijadikan sebagai gadai barang elektronik. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan dana untuk kebutuhan mendesak.

Menggadaikan ponsel sangat diperhatikan karena tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi proses yang dibutuhkan relatif sederhana dan cepat serta tidak berbelit-belit. Oleh karena itu keuntungan yang jelas bagi siapa saja yang membutuhkan uang dalam waktu dekat. Namun sebelum menggadaikan ponsel, perhatikan dulu kelebihan dan kekurangannya. Sebelumnya Anda juga harus tahu Apa itu gadai.

1. Proses gadai handphone cepat dan mudah

Pion mobile adalah cara instan untuk mendapatkan uang untuk pinjaman. Sebab, proses pengajuannya sangat cepat. Persyaratannya juga relatif mudah. Anda hanya perlu menyiapkan smartphone yang ingin dijadikan jaminan. Perusahaan umumnya menerima garansi smartphone dalam kondisi tertentu, seperti produksi baru dan kondisi produk.

Aplikasi pinjaman ini juga harus memberikan hanya identitas pemohon. Ini tentu saja merupakan persyaratan umum dan wajib untuk semua pinjaman. Dengan kemudahan dan kecepatannya, metode ini adalah solusi sempurna bagi siapa saja yang membutuhkan uang tetapi tidak memiliki jaminan yang terlalu berharga.

2. Biaya cicilan rendah

Manfaat lain dari menggadaikan ponsel adalah biaya premi yang relatif rendah. Hal ini tentu berbeda jika Anda memutuskan untuk mengambil pinjaman online atau dari bank dengan jaminan barang bernilai tinggi. Padahal, jumlah dana untuk mengagunkan smartphone tidak sebesar pinjaman lain dengan agunan bernilai lebih tinggi.

Namun, Anda tidak akan bingung saat ingin membayar cicilan. Biaya telepon seluler Pegadaian dikurangi sehingga semua orang dapat melakukan pembayaran tanpa kesulitan. Jangan sampai Anda memilih pinjaman dengan uang muka yang besar namun jatuh temponya mahal di kemudian hari. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menentukan garansi barang.

3. Jaminan asuransi gratis dan aman

Mengasuransikan ponsel Anda dengan perusahaan yang dapat diandalkan memiliki keuntungan tersendiri karena ada pertanggungan asuransi gratis. Dengan gadai seluler ini, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan smartphone yang terjamin. Perusahaan terbaik selalu mengutamakan kualitas layanan daripada keamanan. Jadi Anda bisa meninggalkan smartphone Anda sendiri.

Penting untuk diperhatikan bahwa Anda memilih perusahaan gadai ponsel yang terdaftar di lembaga resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini merupakan indikator bahwa perusahaan dapat dipercaya karena berada di bawah pengawasan langsung OJK. Hindari mengagunkan aset di tempat-tempat yang belum terbukti aman.

4. Ponsel Dilelang Jika Jatuh Tempo

Namun, menggadaikan ponsel juga mengandung risiko. Sebagai peminjam, Anda harus memperhatikan jadwal angsuran. Karena pinjaman gadai ponsel yang terlambat dan cicilan yang tidak dibayar memiliki konsekuensinya sendiri. Dengan kata lain, smartphone yang dikompromikan yang disimpan di perusahaan akan dilelang.

Setiap pinjaman memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing. Namun, jika Anda mempertimbangkan setiap risiko dengan cermat, kekurangan ini dapat diatasi. Untuk itu, pastikan Anda selalu membayar biaya tepat waktu agar ponsel tidak dilelang oleh perusahaan dan bisa dilepas.