Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menjilat

Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menjilat

Cedetes –┬áJika Anda memperhatikan rekan kerja di kantor, mereka memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda. Ada karyawan yang bekerja santai, tapi fokus. Dia juga kacau, tetapi masih mendapat perhatian khusus dari atasannya karena dia berhasil menjadi penjilat.

Selama berkarier, Anda pasti pernah bertemu dengan rekan kerja yang suka menjilat. Untuk memastikan bahwa kehadirannya tidak memengaruhi kinerja, atasi dengan menggunakan metode berikut.

1. Jaga sikapmu

Namanya manusia, pasti ada sifat jeleknya, seperti rekan kerja yang suka menjilat. Namun, membencinya tidak akan menyelesaikan masalah. Bahkan menimbulkan ketidaknyamanan saat bekerja.

Anda hanya perlu menjaga sikap, yaitu bersikap profesional di kantor. Selama tidak mengganggu atau merugikan, Anda tidak perlu membencinya.

Tetap berkomunikasi dengan baik, terutama dalam hal pekerjaan. Kamu akan sering berkomunikasi dengannya saat kamu masih satu divisi.

2. Buat jarak pertemanan

Sekalipun dia penjilat, bukan berarti Anda akan tiba-tiba pergi, terutama sampai Anda tidak ingin berbicara dengannya lagi. Anda tampaknya sangat membencinya sehingga dia juga membenci Anda.

Lebih baik jika Anda menjaga jarak ramah. Misalnya dengan tidak menghabiskan waktu berduaan dengannya di luar jam kantor, hanya di acara-acara yang berhubungan dengan kantor.

Dengan membangun jarak, Anda akan terbebas dari pengaruh atau target jahat mereka. Hidupmu lebih tenang, kamu juga tidak dianggap menyanjung karena hubunganmu dengannya hanya sebatas hubungan rekan kerja.

3. Bicaralah secara pribadi

Jika dia berbicara buruk kepada Anda di depan rekan kerja atau atasan, yang terbaik adalah memintanya untuk berbicara secara pribadi. Oleh karena itu, jangan menegurnya di depan banyak orang karena akan membuat lingkungan kantor menjadi kurang kondusif.

Lagi pula, Anda juga tidak boleh membuat masalah pribadi menjadi publik. Selain mempermalukan penjilat, Anda juga malu karena tidak profesional di kantor.

Memiliki percakapan yang baik. Tentunya dengan kepala dingin agar tidak menggelapkan suasana. Semoga masalah di antara kalian bisa segera diselesaikan.

4. Jangan percaya ceritanya

Penjilat rekan kerja sering menemukan segala macam cara untuk menghancurkan orang-orang yang menghalangi mereka. Jika Anda salah satunya, berhati-hatilah. Cepat atau lambat akan menimbulkan masalah.

Jika dia suka bercerita banyak akhir-akhir ini, sebaiknya jangan terlalu percaya diri. Kemungkinan besar, itu hanya tipu muslihat di pihaknya untuk menipu Anda ke dalam perangkap.

Dengar, tetapi filter mana yang menurut Anda tepat. Adapun cerita yang kebenarannya diragukan, segera lupakan agar tidak menambah beban pikiran Anda.

5. Jangan membicarakan rekan kerja lain

Jika Anda dikelilingi oleh banyak orang di kantor, penjilat akan mencoba mengekstrak banyak informasi dari Anda. Mungkin informasi tentang rekan kerja yang akan dia gunakan untuk menghancurkan karir mereka.

Jika ada tanda-tanda gosip, sebaiknya cari alasan untuk segera pergi. Misalnya, jika Anda memiliki banyak pekerjaan dan tenggat waktu semakin dekat, Anda dapat kembali ke meja Anda untuk melakukannya.

Jika Anda tetap dengan penjilat, dia akan meminta Anda untuk berbicara tentang rekan-rekan yang mungkin telah baik kepada Anda selama ini.

6. Jangan ikut campur

Jika penjilat sedang melakukan pekerjaannya, sebaiknya jangan ikut campur kecuali Anda mengetahui kebenarannya. Keterlibatan Anda dapat memperburuk keadaan. Yang tidak bersalah menjadi bersalah, yang bersalah aman, dan mereka yang sama sekali tidak terlibat terlibat.

Lain halnya jika Anda mengetahui masalahnya dari awal, maka Anda dapat melangkah untuk membela apa yang benar.

Kemudian, sepakati bersama bahwa penjilat tidak akan mengulangi perbuatan Anda. Tentu saja, Anda dan rekan kerja lainnya akan terhindar dari masalah yang bisa merugikan Anda.

Referensi:

Blitarkota

gaji internship